Motivasi Belajar untuk Mendorongmu Meraih Cita Cita

1. Arthur Wellesley Tentang Perbedaan Orang Bijak dan Orang Bodoh

Orang bijak belajar ketika mereka bisa. Orang bodoh belajar ketika mereka terpaksa. Arthur Wellesley
Menurut kutipan di atas, orang yang bijak tidak akan menunggu waktu-waktu tertentu untuk belajar. Mereka selalu haus akan ilmu pengetahuan dan berusaha mempelajari sesuatu yang baru setiap waktu.
Sebaliknya, orang bodoh baru belajar ketika mereka dihadapkan dengan suatu kondisi yang membuat mereka tidak bisa mengelak lagi. Ilmu yang terserap pun tak maksimal karena hati mereka tak suka rela menerimanya.

2. Lemony Snicket & Sisa Hidup

Kalau mau menunggu sampai siap, kita akan menghabiskan sisa hidup kita hanya untuk menunggu. Lemony Snicket
Seperti kata kata motivasi belajar sebelumnya, kutipan ini mengajak kita untuk bergerak mulai dari sekarang. Jangan biasakan diri menunggu hatimu benar-benar siap.
Iya kalau saat itu benar-benar datang. Kalau tidak? Bisa-bisa waktumu akan habis untuk menunggu. Kalau sudah ketinggalan, kamu baru di Semarang sementara kereta impian sudah sampai di Jakarta, baru kamu hanya bisa menyesal.

3. Semakin Awal Semakin Baik

Semakin awal kau memulai pekerjaan, semakin awal pula kau akan melihat hasilnya. Anonim
Kata kata bijak singkat ini cocok buat kamu yang suka SKS (Sistem Kebut Semalam). Semakin mepet dengan masa ujian, semakin sulit kamu mencerna sesuatu kan?
Yang ada mungkin kalimat-kalimat yang kamu baca hanya lewat begitu saja. Tak ada yang masuk sama sekali di kepala. Beda kalau kamu sudah mempelajarinya dari jauh-jauh hari, akan semakin mudah dan cepat kamu memahaminya.

4. Tim Ferris & Usaha Menjadi Produktif

Fokuslah menjadi produktif, bukan sekedar sibuk saja. Tim Ferris
Pernah menghabiskan waktu berjam-jam untuk membaca sesuatu tapi tak ada yang kamu pahami sama sekali? Mungkin karena membaca tak cocok denganmu.
Masing-masing orang punya cara mencari ilmu sendiri-sendiri. Ada yang lebih cepat menangkap lewat audio, ada juga yang harus melihat contoh. Carilah apa yang paling cocok denganmu dan terapkanlah.

5. Edward Abbey Tentang Mempelajari Kegelapan

Kau tak bisa mempelajari kegelapan kalau kau membanjirinya dengan cahaya. Edward Abbey
Kata kata motivasi belajar dari Edward Abbey ini memang benar. Bagaimana bisa kita mempelajari tentang kegelapan kalau kita tidak menyelaminya, tapi malah membanjirinya dengan cahaya?
Kalau kamu memang ingin tahu tentang suatu hal, carilah seluk beluk tentangnya. Bukan menghindarinya atau melakukan sesuatu yang tak ada hubungannya sama sekali.

Kata Kata Motivasi Belajar dari Tokoh Dunia

Kata Kata Motivasi Belajar - Muhammad Ali

1. Muhammad Ali & Impian yang Besar

Kalau impianmu tak bisa membuatmu takut, mungkin karena impianmu tak cukup besar. Muhammad Ali
Kata kata motivasi belajar ini sangat cocok untuk kamu yang takut dan ragu-ragu untuk mengejar mimpi. Tegapkan pundakmu, busungkan dadamu, lebarkan senyummu.
Ketakutanmu adalah hal yang wajar karena mimpimu sangat besar dan layak diperjuangkan. Kalau kamu tak merasa takut, justru kamu patut bertanya-tanya apakah usahamu untuk mengejarnya akan sia-sia atau tidak.

2. Malcolm X & Tiket Masa Depan

Pendidikan merupakan tiket untuk masa depan. Hari esok untuk orang-orang yang telah mempersiapkan dirinya hari ini. Malcolm X
Bisakah kamu membayangkan kalau Albert Einstein, Thomas Alva Edison, Isaac Newton, dan para ilmuwan zaman dahulu tak pernah mendapatkan pendidikan? Kita mungkin masih hidup di zaman primitif.
Tak heran kalau kata kata motivasi belajar ini mengatakan kalau pendidikan adalah tiket untuk masa depan. Karena hanya dengan itulah kita bisa menciptakan dunia baru yang berbeda dari sekarang.

3. Albert Einstein Tentang Agama dan Ilmu Pengetahuan

Agama tanpa ilmu pengetahuan adalah buta. Dan ilmu pengetahuan tanpa agama adalah lumpuh. Albert Einstein
Meski keberadaannya sangat penting, ilmu pengetahuan bukanlah satu-satunya hal yang harus dicari di dunia ini. Jangan lupakan agama sebagai pedoman hidupmu. Keduanya harus berjalan secara beriringan.
Tanpa ilmu pengetahuan, orang-orang akan menjadi fanatik dan dibutakan mata hatinya. Sebaliknya, tanpa agama, ilmu pengetahuan tak bisa berjalan karena tak ada yang memandunya. Oleh karena itu, motivasi diri kamu untuk mengejar keduanya.

4. Mahatma Gandhi Tentang Hidup dan Pengetahuan

Hiduplah seakan-akan kau akan mati besok. Belajarlah seakan-akan kau akan hidup selamanya. Mahatma Gandhi
Kutipan dari Mahatma Gandhi ini mengajak kita untuk menikmati hidup seakan kita tak akan bertemu lagi dengannya besok. Jangan ada penyesalan sama sekali sebelum kamu meninggalkannya.
Akan tetapi, kita tetap perlu menuntut ilmu seakan kita bakal hidup selama-lamanya. Jangan sampai hidup ini sia-sia karena kita hanya mengisinya dengan kesenangan belaka.

5. Oprah Winfrey & Pendidikan

Pendidikan adalah satu-satunya kunci untuk membuka dunia ini, serta paspor untuk menuju kebebasan. Oprah Winfrey
Pendidikan sangat penting untuk menciptakan perubahan yang lebih baik. Bahkan seperti diungkapkan Oprah Winfrey ini, pendidikan bisa menjadi paspor untuk menuju kebebasanmu.
Dengan pendidikan, wawasanmu akan semakin luas, tak lagi terbelenggu oleh kebodohan dan ketidakacuhan. Orang-orang bijak pun sering mengatakan kalau pendidikan adalah kunci untuk melepaskan diri dari kemiskinan.

Kata Kata Semangat Belajar dalam Islam

Kata Kata Motivasi Belajar - QS Al Alaq 1

1. Ayat Al Quran yang Pertama Kali Diturunkan

Bacalah dengan menyebut nama Tuhanmu Yang Menciptakan. QS Al Alaq: 1 
Pendidikan sangat penting dalam Islam. Bahkan, ayat Al Quran pertama yang diturunkan di dunia ini diawali dengan perintah “Bacalah.” Kata itu juga yang diucapkan Malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad SAW saat menyampaikan wahyu Allah SWT.
Padahal saat itu, Rasulullah tidak bisa membaca. Namun Jibril tetap mengulangi perintahnya sampai 3 kali sebelum membacakannya untuk Rasulullah. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya membaca dan mencari ilmu dalam Islam.

2. Nabi Muhammad & Perjalanan Mencari Ilmu

Jika seseorang berpergian mencari ilmu, maka Allah akan menjadikan perjalanannya seperti menuju surga. Nabi Muhammad SAW
Perjalanan mencari ilmu memang tak pernah mulus. Ada saja hambatan yang mungkin kamu hadapi, termasuk rasa malas yang selalu datang menghantui.
Tapi, yakinlah kalau semua itu demi masa depanmu. Nabi Muhammad SAW pun pernah berkata kalau perjalanan mencari ilmu sama dengan jalan menuju surga. Jadi, kenapa harus ragu lagi?

3. Mereka yang Takut Kepada Allah

Sesungguhnya yang takut kepada Allah di antara hamba-hamba-Nya, hanyalah ulama (orang-orang yang berilmu). QS Fathir: 28
Orang yang berilmu tahu dirinya hanyalah butiran pasir di dunia ini. Tak akan pernah ia merasa sombong dan lebih baik dari orang lain.
Semakin banyak yang diketahuinya dari dunia ini, semakin tunduklah ia kepada Sang Pencipta. Hal ini juga akan membuatnya takut melakukan perbuatan dosa karena tahu konsekuensinya.

4. Imam Syafi’i dan Ilmu yang Bermanfaat

Ilmu adalah sesuatu yang dapat memberikan manfaat, bukan hanya untuk dihafal. Imam Syafi’i
Kalau kamu sedang menuntut ilmu, ingatlah kata kata motivasi belajar ini. Pastikan ilmu yang sedang kamu pelajari bisa berguna untuk hidupmu dan orang-orang di sekitarmu.
Jangan sampai ilmu itu hanya berakhir di ingatan yang mungkin akan terhapus suatu hari nanti. Biarpun kecil, terapkanlah di kehidupan nyata dan tuailah manfaatnya.

5. Mufti Menk Tentang Ilmu Pengetahuan dalam Islam

Islam itu didasarkan pada ilmu pengetahuan. Semakin kamu mengenal Islam, semakin cinta pula kamu kepada ilmu pengetahuan. Semakin sedikit pengetahuanmu tentang Islam, semakin berkurang pula kecintaanmu kepadanya. Mufti Menk
Kata siapa Islam tidak sejalan dengan ilmu pengetahuan? Semakin banyak yang kamu tahu tentang dunia ini, akan semakin merasa cinta dan kagum kamu dengan Sang Pencipta dan ciptaan-Nya.
Kalau kamu merasa saat ini kamu sedang jauh dari-Nya, mungkin itu karena kamu kurang ilmu pengetahuan. Perbanyaklah membaca kata mutiara bernuansa Islami dan kamu akan merasa dekat dengan-Nya.

Kata Kata Motivasi Pelajar dari Film & Drama

Kata Kata Motivasi Belajar - Rancho 3 Idiots

1. Rancho 3 Idiots & Penyesalan Saat Tua

Jangan takut pada hari ini, Farhan. Atau 50 tahun lagi setelah kau menua dan berada di rumah sakit menantikan kematianmu, baru kau akan berpikir? Rancho, 3 Idiots
Pesan ini disampaikan Rancho untuk Farhan yang ragu-ragu mengejar impiannya menjadi seorang fotografer hewan liar. Cocok dijadikan kata kata motivasi belajar bagi kita yang sedang ketakutan menghadapi masa depan.
Kalau kita menyerah mengejar impian, saat ini mungkin kita tak terlalu merasakan akibatnya. Tapi, suatu saat nanti, yakinkah kita tidak akan menyesalinya? Padahal saat itu, mungkin semuanya sudah terlambat dan kita tidak bisa berbuat apa-apa lagi.

2. Chris Gardner The Pursuit of Happiness Tentang Perjuangan Meraih Mimpi

Jangan biarkan siapapun mengatakan kau tidak bisa melakukan sesuatu. Kau bermimpi, kau harus menjaganya. Kalau menginginkan sesuatu, raihlah. Titik. Chris Gardner, The Pursuit of Happiness
Tak perlu terlalu memperdulikan orang lain yang merendahkanmu dan mengatakan kamu tak bisa menggapai mimpi. Kamulah yang paling tahu tentang dirimu sendiri.
Kalau kamu memang benar-benar menginginkannya, buktikan ke orang tersebut kalau kamu mampu. Tapi, jangan lupa untuk meyakinkan mereka dengan cara baik-baik tanpa harus naik darah.

3. Kang Oh Hyuk Dream High & Cepatnya Perjalanan Meraih Mimpi

Kalau kau berjalan perlahan, kau bisa melihat lebih banyak dan lebih detail daripada mereka yang berjalan dengan cepat. Kalau kau bertanya siapa yang akan lebih berkembang di antara keduanya, menurutku dia yang berjalan perlahan dan banyak melihat. Kang Oh Hyuk, Dream High
Timing memang penting dalam meraih cita-cita. Sebisa mungkin jangan buang waktu untuk hal-hal yang tak berguna.
Akan tetapi, jangan sampai kamu berjalan terlalu cepat hingga lupa belajar dari apapun yang ada di sekitarmu. Lambatkan langkahmu dan belajarlah lebih banyak sehingga perkembanganmu bisa matang dengan lebih sempurna.

4. Master Shifu Kung Fu Panda 3 & Pembelajaran Tiada Akhir

Selalu ada sesuatu yang bisa dipelajari, bahkan bagi seorang master sekalipun. Master Shifu, Kung Fu Panda 3
Kata kata motivasi belajar dari Kung Fu Panda 3 ini mengingatkan kita untuk tidak cepat puas dalam mencari ilmu. Begitu kamu mendapatkan satu, masih banyak lainnya yang menunggu untuk dikejar.
Sama seperti kita yang belajar berjalan saat bayi, lalu berusaha berlari ketika balita. Setelah itu, semakin banyak yang harus kita ketahui. Memang begitulah hidup, pembelajaran tak akan berakhir hingga kita meninggalkan dunia ini nanti.

5. Water Hall Red Tails Tentang Guru Terkejam

Pengalaman adalah guru yang kejam. Ia memberikan ujian dulu, baru pelajaran. Walter Hall, Red Tails
Beruntunglah kamu yang sempat mempelajari sesuatu sebelum mendapatkannya langsung dari kehidupan. Setidaknya, kamu sudah ada beberapa persiapan sebelum bertemu guru terkejam ini.
Oleh karena itu, siapkan bekalmu dari sekarang. Banyaklah bergaul dengan orang bijak yang bisa mengajarkanmu tentang hidup sebelum mengalaminya langsung.

Kata Kata Semangat Belajar buat Kekasih

Kata Kata Motivasi Belajar - Maria Robinson

1. Mario Robinson Tentang Awal dan Akhir yang Baru

Tidak ada seorang pun yang bisa kembali ke masa lalu dan memulai awal yang baru lagi. Tapi semua orang bisa memulai hari ini dan membuat akhir yang baru. Maria Robinson
Kata kata motivasi belajar ini cocok diberikan untuk pacarmu yang sedang sedih dan kecewa meratapi nasibnya. Entah karena nilai ujian jelek, atau nggak diterima di universitas impian.
Memang sih, kita nggak kan bisa kembali ke masa lalu untuk mengubah yang sudah terlanjur terjadi. Tapi setidaknya, kita bisa bangkit dan maju hari ini untuk menentukan masa depan yang baru.

2. Mario Teguh & Pemilik Masa Depan

Orang-orang yang berhenti belajar akan menjadi pemilik masa lalu. Namun, orang-orang yang terus belajar akan menjadi pemilik masa depan. Mario Teguh
Jangan cuma kata kata gombal aja yang bisa kamu berikan ke pacar. Sekali-kali, coba deh kirimkan kata kata motivasi belajar dari Mario Teguh ini. Terutama kalau ia sedang melorot motivasinya untuk mencari ilmu.
Tunjukkan kalau kamu peduli pada masa depannya. Bahwa kamu tak ingin ia berhenti belajar dan membiarkannya terpuruk di masa lalu.

3. Jim Rohn & Pengharapan yang Salah

Jangan mengharapkan semuanya bisa jadi lebih mudah, berharaplah agar dirimu bisa jadi lebih baik. Jim Rohn
Siap tidak siap, dunia ini akan terus berputar sesuai dengan ritmenya sendiri. Kitalah yang harus menyesuaikan langkah dengannya.
Seperti kutipan penyemangat di atas, sulit mengharapkan suatu masalah bisa jadi lebih mudah. Akan jauh lebih cepat dan efektif kalau kita memperbaiki diri sendiri agar bisa mengatasi masalah tersebut.

4. Wendy Flynn Tentang Pemula dan Ahli

Biarkan dirimu jadi pemula. Tidak ada seorang pun di dunia ini yang langsung menjadi ahli. Wendy Flynn
Berikan kata kata motivasi belajar siswa di atas buat pacarmu yang rendah diri karena merasa tidak menguasai suatu hal. Jangan khawatir karena selalu ada titik awal untuk melakukan segala sesuatu di dunia ini.
Para ahli pun dulunya pernah menjadi pemula. Butuh usaha dan waktu yang tak singkat untuk bisa sehebat mereka sekarang. Oleh karena itu, biarkan diri kita menjadi pemula yang siap mempelajari semuanya.

5. Seneca Tentang Keberanian dan Hal Sulit

Bukan karena ada hal yang sulit kita jadi tidak berani. Justru karena kita tidak beranilah hal itu jadi sulit. Seneca
Seringkali kita ragu melakukan sesuatu karena semuanya terlihat sulit. Padahal, mungkin semua ketakutan itu hanya ada di dalam pikiranmu.
Justru kalau kita takut secara berlebihan, ketakutan kita bisa menjadi nyata. Cukup beranikan diri untuk menginjakkan langkah pertama, pasti langkah selanjutnya akan jadi lebih mudah dan mengalir begitu saja.

Comments